Tirthayatra ke pura agung blambangan


pada saat kejawa menghadiri pernikahan kakak saya, di muncar, yang kebetulan dekat dengan lokasi pura agung blambangan, saya dan keluarga sepakat untuk tangkil sembahyang di pura agung blambangan.

jadi persiapan persembahyangan sudah disiapkan di bali, yaitu pejati (pekeling). setelah acara siraman kakak selesai, ada rentang waktu senggang jadi diputuskan saat itu langsung ke pura, jadi kamipun berganti pakaian kepura.

sesampai dipura, karena bukan hari odalan atau rainan. jadi pemangku pura tidak ada ditempat, jadi kami minta tolong untuk dicarikan pemangku oleh salah seorang pengempon pura. sambil menunggu mangku saya sempatkan untuk foto-foto soalnya bakal jarang ke pura ini lagi.

pura agung blambangan

pura agung blambangan

pura agung blambangan sangatlah luas, dibandingkan dengan pura-pura dibali yang rata-rata luas area puranya sempit. selain itu disediakan banyak kamar mandi di luar area pura (masih milik pura), untuk para umat yang datang dari jauh. kalau tidak salah jumlah kamar mandi yang disediakan melebihi 10 kamar mandi. jadi tenang aja kalau pengen ganti di pura, pasti kebagian tempat.

me at pura agung blambangan

me at pura agung blambangan

setelah sembahyang, saya sempat ngobrol-ngobrol ngalur ngidul dengan pemangku pura, mulai ngobrolin pura, umat hindu di jawa, di bali, dll.

setelah itu pulang dah balik ke tempat acara.

2 thoughts on “Tirthayatra ke pura agung blambangan

Leave a comment