Kemana Konsep Menyama Braya ?


Belakangan banyak sekali kasus adat di Bali, membuat orang bali sangat jauh dari kebaliannya yang dikenal ramah tamah.

Atau mungkin orang bali hanya ramah pada tamu dan pendatang saja kali ya?. kalau pendatang / tamu ingin ngontrak tanah, disambut bak raja. tapi saudara sendiri disebengi / diberi senyum kecut.

banyak kasus kasus timbul dari hal hal kecil, seperti masalah pemuda rebutan pacar, atau saling pandang, menjadi besar melibatkan kulkul bulus banjar, mengakibatkan tawuran massal.

Tradisi Megibung, tradisi kebersamaan masyarakat bali.

 

Dimanakah budaya menyama braya orang bali, dimanakah kalimat selunglung sebayantaka apakah sudah diganti menjadi “lung lung nasne, pang kanti bangke” ?, dimanakah paras paros sarpanaya, pekedek pekenyemnya ?

belum lagi urusan rebutan tanah kuburan, gimana yang meninggal mau mencari sorga, mencari kuburan aja susah. bahkan ada yang rebutan pura sampe melibatkan pedang dan klewang.

ayo generasi muda bali, mari kita tambahkan doa kita mohon kepada beliau biar nyame nyame bali, terutama dikeluarga kita masing masing dulu, agar kita bisa selunglung sebayantaka, paras paros lan pekedek pekenyum. agar orang bali tetap waras dan bali ini damai.

setelah dikeluarga damai, maka yakin dimasyarakat akan terpengaruh dengan kondisi damai ini.

mohon maaf bila salah kata. saya hanya penulis ngawur dengan kata-kata ngawur

Shanti.

Foto Ilustrasi : Tradisi megibung tempo dulu dari desa blimbingsari

3 thoughts on “Kemana Konsep Menyama Braya ?

  1. Tulisan ini sangat bagus, untuk mengingatkan kita semua, Orang Bali, bahwa kita telah diwarisi oleh para leluhur sebuah konsep, yang dapat dipakai pegangan dalam bermasyarakat, menjaga kerukunan dan keharmonisan, yaitu konsep Menyama Braya.

  2. keren banget tulisanya, setidaknya generasi muda yang mulai melenceng akan hal itu bisa sadar dan mau memperbaikinya, agar budaya -budaya orang bali yang merupakan warisan dari leluhur bali gak punah gitu aja.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s