Sungai Bersih di Denpasar


Dimanakah kita bisa mendapatkan sungai yang bersih di denpasar ?, jawabnya pasti tidak ada, mungkin kalau kita pergi ke daerah pegunungan masih ada air sungai yang jernih tapi tidak menjamin 100% jernih itu bebas dari sampah.

seperti foto di atas, sungai – sungai di kota denpasar sudah tercemari oleh limbah sampah keluarga maupun sampah industri. tidak adanya peraturan tegas bagi pembuang sambah dan limbah ke sungai dan kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak sampah terhadap sungai menjadi faktor utama sulitnya mencari sungai yg bebas dari sampah.

ambil contoh sungai bermuara kelaut, bayangkan saja apabila musim hujan sampah yang di kirim ke laut. membuat pantai kuta kadang full of sampah. sampah kiriman dari sungai yang tentu saja sangat menggangu. belum lagi efek banjir yang di akibatkannya.

solusi ?
mungkin dengan dibuat peraturan membuang sampah ke sungai adalah kriminal. tapi dengan syarat masalah sampah kota harus sudah teratasi misalnya di setiap rumah ada tong sampah yg di ambil oleh petugas sampah gratis tanpa perlu membayar, dan tidak pake telat juga. di TPA, penanganan sampah di TPA harus lebih modern sehingga sampah tidak menumpuk.

solusi laen adalah kampanye sungai bersih, dengan berbagai manfaatnya. mungkin upaya pemda untuk membersihkan sungai (tukad) badung belum begitu maksimal. solusi laennya adalah menjadikan sungai sbg tempat rekriasi seperti hal nya di eropa sana (italia?) atau ga usah jauh2 ke eropa, di kalimantan masih ada sungai bersih.

soo kapan neh sungai sungai di denpasar bisa spt sungai di eropa sana? jawabnya tanyakan sama rumput yg bergoyang di goyang2 sama sampah.

One thought on “Sungai Bersih di Denpasar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s